Apa itu?
Menurut situs wikipedia, WiMAX adalah singkatan dari Worldwide Interoperability for Microwave Access, merupakan teknologi akses nirkabel pita lebar (broadband wireless access atau disingkat BWA) yang memiliki kecepatan akses yang tinggi dengan jangkauan yang luas. WiMAX merupakan evolusi dari teknologi BWA sebelumnya dengan fitur-fitur yang lebih menarik.

Wimax disebut juga teknologi nirkabel generasi keempat (4G) yang dapat dinikmati melalui notebook, handphone, smartphone, dan beberapa alat elektronik yang lain seperti perangkat game, kamera, camcorder, pemutar musik, dan sebagainya.


Kecepatan Wimax dalam teorinya bisa mencapai 70Mbps alias dapat mendownload sebuah lagu ukuran 7MB hanya kurang dari 1 detik saja.

Teknologi broadband baru berkecepatan tinggi ini, diperkirakan akan terus melesat naik. Benua Asia pun diprediksi akan menjadi 'raja' penggunaan WiMax mobile dengan pelanggan mencapai 40 juta dalam lima tahun mendatang.

Koneksi Wimax sebenarnya telah banyak dijumpai dibeberapa negara, contoh yang paling dekat adalah timor leste.

Keuntungannya?
Banyak keuntungan yang didapatkan dari terciptanya standardisasi industri ini. Para operator telekomunikasi dapat menghemat investasi perangkat, karena kemampuan WiMAX dapat melayani pelanggannya dengan area yang lebih luas dan tingkat kompatibilitas lebih tinggi. Selain itu, pasarnya juga lebih meluas karena WiMAX dapat mengisi celah broadband yang selama ini tidak terjangkau oleh teknologi Cable dan DSL (Digital Subscriber Line).

Bagi pengguna, tentu saja wimax ini dapat membuat mereka dapat dimanjakan dengan kecepatan akses internet yang lebih tinggi dibandingkan dengan teknologi sekarang ini.

Kekurangannya?
Kekurangannya adalah Teknologi ini masih baru, dan beberapa operator dan pengembang perangkat masih ragu-ragu dengan masa depan & kompatibilitas serta dukungan terhadap protocol baru ini.

Bahkan kalangan pengamat memperkirakan dibutuhkan waktu paling cepat 10 tahun mendatang, untuk membuat WiMAX mampu mencapai kondisi seperti Wi-Fi saat ini.

Bagaimana wimax di Indonesia?
Wimax di Indonesia sendiri masih dalam tahap ujicoba, beberapa bulan lalu depkominfo sendiri baru saja mengumumkan pemenang tender wimax.

Kita tunggu saja perkembangannya.

Lebih lanjut :
http://id.wikipedia.org/wiki/WiMAX
http://www.intel.com/technology/wimax

Diposting oleh Adam Muslim 3 IPA 1 Kamis, 05 November 2009

0 komentar

Posting Komentar

Jangan Lupa Kasih Komentar ya..!!

Shoutmix Bersama


ShoutMix chat widget